Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas

Ditulis Oleh : ABas NAD 0 komentar
Pada hari Senin, 01 April 2013 Jam : 07.20 WIB Label:
Menjadi konsumen Indonesia yang cerdas yang paham akan hak dan kewajiban sebagai konsumen adalah keinginan kita bersama. Pentingnya pembelajaran ini sudah sudah pernah kita bahas sekilas pada artikel Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen sebelumnya.

Pembahasan Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas ini penulis harapakan dapat memberi sesuatu yang bermanfaat untuk semua serta dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan ketrampilan kita sebagai konsumen dalam mengambil keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab dalam berkonsumsi barang atau jasa. Sekaligus keikut sertaan penulis dalam mengkompanyekan dan memeriahkan Hari Konsumen Nasional.

Sehingga dapat memberi nilai – nilai positif kepada seluruh masyarakat Indonesia yang konsumtif dalam memanfaatkan barang atau jasa untuk kebutuhan yang ada dalam masyarakat.

Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas, pentingnya pendidikan konsumen, artikel konsumen cerdas, makalah konsumen cerdas

Dengan begitu, sebagai konsumen kita dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan, mengatur keuangan, dan menjadi konsumen yang cerdas yang bertanggung jawab atas pribadi, keluarga atau kelompoknya serta cinta tanah air.

Pentinganya menjadi konsumen yang cerdas yang memahami perlindungan konsumen serta bijak, kritis dan bertanggung jawab dalam setiap pengambilan keputusan agar tidak terkecoh dalam memilih barang atau jasa yang akan dikonsumsinya. Sehingga sebagai konsumen kita dapat lebih bijak dalam memilih barang atau jasa yang seuai kebutuhan.

Sebagai konsumen cerdas yang paham perlindungan hak sebagai konsumen dan cinta tanah air, sudah seharusnya paham terhadapat pemakaian barang atau jasa yang kita butuhkan. Salah satunya adalah memakai barang yang memenuhi standar serta tata cara dan metode yang memenuhi syarat K3L yaitu keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup.

Ada ribuan barang - barang yang sudah terverifikasi dan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang merupakan standar yang ditetapkan Badan Standarisasi Nasional yang diberlakukan secara Nasional juga. Dari sekian ribu, sebanyak 89 produk yang sudah diberlakukan secara wajib (SNI-Wajib) oleh menteri teknis.

Beberapa dari 89 produk yang diberlakukan SNI Wajib antara lain sebagai berikut;
  • helm, ban, baja, semen, pupuk, tepung terigu dll. oleh Menteri Perindustrian;
  • kipas angin, saklar, MCB, tusuk kontak dan kotak kontak, perlengkapan kendali lampu, pemutus sirkit arus oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas, pentingnya pendidikan konsumen, artikel konsumen cerdas, makalah konsumen cerdas

Konsumen cerdas yang menggunakan produk SNI tentu saja paham akan mutu dan kualitas produk yang dibelinya. Sebab produk - produk ini sudah memenuhi standar Nasional yang diberlakukan BSN secara Nasional. Sehingga lebih terjamin akan mutu dan kualitas produk akan keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup (K3L).

Konsumen Indonesia yang cerdas majukan Indonesia dengan memakai barang ber-SNI untuk kebutuhan diri, keluarga dan lain sebagainya.

So, Ayo menjadi konsumen Indonesia yang cerdas yang mengkonsumsi barang atau jasa dengan mengikuti kiat - kiat dibawah ini seperti yang di anjurkan Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (DJSPK).
  1. Tegakkan Hak dan Kewajiban Anda Selaku Konsumen.
    Sebagaimana yang telah tercantum dalam Undang - Undang Perlindungan konsumen. Konsumen diajarkan untuk memahami kewajibannya sebagai konsumen dan kritis, serta berani atas hak - haknya bila mana barang/ jasa yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan dan tidak memenuhi standar yang disyaratkan.

  2. Teliti Sebelum Membeli.
    Konsumen diajarkan selalu teliti atas barang dan/atau jasa yang akan dibelinya dipasar. Minimal memahami secara kasat mata dapat digunakan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dari barang dan/ atau jasa tersebut, dan bila ada yang kurang jelas atau kurang dipahami, konsumen dapat bertanya untuk memperoleh informasi atas barang dan/atau jasa tersebut.

    Dengan demikian, sebagai konsumen Anda dapat memperoleh gambaran umum atas barang dan/atau jasa yang ditawarkan di pasar.

  3. Perhatikan Label, MKG, dan Masa Kadaluarsa.
    Konsumen dianjurkan untuk lebih kritis atas kondisi barang dan/atau jasa yang dibelinya, khususnya atas barang seperti makanan, minuman, obat dan kosmetik. Pastikan keadaan barang tersebut dalam keadaan terbungkus baik yang disertai label yang dicantumkan informasi seperti komposisi, manfaat, aturan pakai, dan masa berlaku.

    Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas, pentingnya pendidikan konsumen, artikel konsumen cerdas, makalah konsumen cerdas

    Bila Anda membeli produk seperti telematika dan elektronika, pastikan produk tersebut dilengkapi dengan petunjuk penggunaan (manual) serta kartu jaminan garansi purna jual dalam bahasa Indonesia.

    Sebagai konsumen, kita sangat dianjurkan untuk memperhatikan masa kadaluarsa untuk barang yang akan kita beli. Hal ini untuk berhati-hati terhadap barang yang masuk kedalam tubuh atau yang digunakan diluar/atas tubuh. Sebab barang tersebut sangat erat kaitannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan (K3L) bagi konsumen.

  4. Pastikan Produk Sesuai dengan Standar Mutu K3L.
    Sebagai konsumen yang cerdas, kita diajarkan untuk memahami akan mutu dan kualitas produk yang sudah dijamin secara Nasional. Hal ini untuk memberikan jaminan kepastian atas kesehatan, keamanan, keselamatan konsumen dan bahkan untuk linkungannya (K3L).

  5. Beli Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan.
    Sebagai konsumen Indonesia yang cerdas, sudah sepatutnya membudayakan diri untuk tidak konsumtif terhadap barang atau jasa yang dipakai. Jadi pakailah barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah dari uraian diatas, harapan penulis dapat menjadi pembelajaran kita bersama guna menuju perubahan terhadap prilaku yang positif, dan bertanggung jawab dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa.

Dengan begitu, kita akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan, mengatur keuangan, paham dalam memilih produk - produk yang berkualitas serta dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya berprilaku positif dan cinta tanah air.

Ayo menjadi konsumen Indonesia yang cerdas yang paham akan perlindungan konsumen serta bijak dan bertanggung jawab serta bermanfaat untuk diri, keluarga dan lingkungan hidup. Untuk informasi seputar konsumen cerdas, silahkan kunjungi situs Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen di http://ditjenspk.kemendag.go.id/

"Setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingaan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun mahluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan."
*Undang – Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas Article : Ayo Menjadi Konsumen Indonesia Yang Cerdas
Update : 2013-04-01T07:20:00+07:00
Rating : ABas NAD 5.0 Base On 99999 reviews

Author :
Jangan lupa jempolnya ..... jempol
Berlanggan GRATIS dan Artikel menarik lainnya
Dengan berlangganan artikel, anda akan menerima kiriman artikel GRATIS ke email anda
setiap ada artikel baru
yang diterbitkan di blog ini.

rss

{ 0 komentar }

Belum ada komentar di artikel ini.

Posting Komentar

Komentar Anda sangat membantu kami untuk lebih baik.
Komentar yang mengandung SPAM, SARA & Pornografi tidak akan kami publish.
Terimakasih atas Pay Attentionnya